Pengertian Bootloop Dan Cara Perbaikinya

Ditulis oleh: -
Bootloop adalah adanya masalah pada sistem android dimana perangkat android tidak bisa melakukan startup sehingga belum ada masuk ke menu home, akan tetapi otomatis kembali lagi ke state awal seperti ketika kalian menghidupkan smartphone dan gejela tersebut kembali berulang-ulang. hal tersebut terjadi terus menerus yang mengakibatkan tidak bisanya kalian dalam menggunakan android. apabila perangkat android kalian ada terjadi maalah seperti ini, saya menyarankan untuk tetap tenang dan sabar. banyak kasus cara untuk mengatasi bootloop di android yang satu dengan yang lainnya berbeda. penting untuk mengetahui penyebab android bootloop agar dapat mengatasinya dengan benar.


Terkadang kita suka terburu-buru dalam mengambil tindakan pada saat ketika android bermasalah. mungkin karena dalam kondisi panik membuat kita akan langsung mencari cara untuk mengatasi bootloop pada perangkat android kita. dengan begitu tanpa berpikir panjang kalian langsung mempraktekkan cara tersebut tanpa memperhatikan penyebab serta jenis android yang digunakan. belum tentu cara yang dipilih tersebut sesuai dengan type android kita bahkan hal ini akan sangat beresiko memperburuk masalah kerusakan pada android kita. berikut ini beberapa macam bootloop.

Pengertian Bootloop Beserta Cara Mengatasi Bootloop Android

1. Light Bootloop Android.
Bootloop yang pertama ini merupakan bootloop yang paling mudah diatasi penyebabnya. light bootloop biasanya terjadi karena pada penggunaan perangkat android dalam pemakaian normal, melakukan install aplikasi, bermain game, tiba-tiba saja saat restart dan dinyalakan android bootloop hanya berhenti di logo, tidak melakukan perubahan (meng-operk) android apalagi sampai masuk kedalam system merubah file maupun recovery mode pada android.

Cara mengatasinya: biasanya apabila terjadi hal seperti ini bisa langsung diatasi dengan mencabut baterai dari smartphone lalu pasang dan aktifkan kembali. tetapi untuk perangkat seperti tablet agak sulit karena baterai terhubung dengan perangkat dengan cara disolder sehingga harus melepas timah terlebih dahulu. untuk kalian yang ingin melepas timah yang ada pada tablet harus hati-hati. dikarenakan takut ada yang terlepas dari jalurnya.

2. Medium Bootloop Android.
Bootloop kedua ini terjadi karena kita sebagai pengguna mencoba merubah system perangkat android miliknya. medium bootloop masuk kedalam kerusakan tingkat menengah karena android masih bisa dinyalakan dan masih bisa masuk kedalam recovery mode.

Cara mengatasinya: untuk mengatasi medium bootloop ini dibutuhkan sebuah windows pc dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original dan juga CWM. cara tersebut bisa kalian lakukan apabila sudah pernah melakukan backup perangkat sebelumnya, bagi yang belum melakukan backup maka memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan type android yang sama.

3. Hard Bootloop Android.

Bootloop ketiga atau lebih tepatnya hardbrick (brick) adalah tingkatan bootloop yang paling berbahaya, karena kita sudah melakukan modifikasi file os android sehingga perangkat android tidak bisa melakukan booting dan akan muncul hanya logo android. kasus ini biasanya terjadi pada pengguna yang sudah melakukkan rooting dan melakukan modifikasi script misalnya mengubah font android, mengubah partisi external/micro sd, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan bagian system dengan aplikasi titanium backup, salah melakukan instal custom rom, dan lain-lain. untuk masuk ke recovery mode tidak akan bisa pada tingkatan hard bootloop android seperti ini.

Cara mengatasinya: kalian perlu software yang tepat dan cara flashing yang tepat juga karena setiap smartphone memiliki jenis hardware yang berbeda-beda. cara flashing juga bergantung berdasarkan jenis chipset yang digunakan pada android. jadi pilihlah cara flashing yang tepat agar perangkat bisa kembali hidup kembali.

Pengertian Bootloop Dan Cara Perbaikinya | Droid ID | 4.5 | 0 View
2016-12-28T22:00:00+07:00 | 5
Keywords:
-->