Pengertian CWM dan kegunaannya

Ditulis oleh: -
CWM (Clockwork Mod)


Para pengguna handphone Android tentu sudah sering mendengar kata ClockworkMod recovery. Bagi pengguna handphone Android yang sudah ahli, ClockworkMod atau yang biasa disebut CWM ini sudah bukan barang asing. Terlebih bagi mereka yang kerap melakukan flashing custom ROM di handphone Android.
CWM bisa dikatakan adalah sebuah standar de facto untuk custom recovery di platform Android. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi open source yang dibangun berdasarkan Android recovery stock. Sebagai pengembangan dari recovery stock, CWM tentunya bisa memberikan kemampuan lebih dibandingkan versi asalnya.

Android recovery standar hanya bisa melakukan dua hal bagi pengguna handphone Android. Yang pertama adalah flashing file sistem yang telah terverifikasi dan ditandai baik oleh Google ataupun produsen handphone. Selanjutnya, standard recovery juga bis adigunakan untuk menghapus data user serta informasi cache.

Berbeda halnya dengan custom recovery seperti CWM. Dengan menggunakan sebuah custom recovery, pengguna handphone Android bisa melakukan lebih dari dua hal tersebut di atas. Dengan custom recovery, Anda bisa melakukan backup data user menjadi file image yang bisa di-restore dengan mudah.



Selanjutnya, pengguna handphone juga bisa melakukan flashing software yang tidak berasal dari Google ataupun produsen handphone, dalam hal ini salah satunya adalah ROM custom. CWM bisa melakukan hal tersebut di atas. Dan yang terpenting, sebagai sebuah aplikasi open source, CWM pun bisa digunakan secara gratis.

Pengertian CWM dan kegunaannya | Droid ID | 4.5 | 0 View
2016-12-28T23:32:00+07:00 | 5
Keywords:
-->